Minggu, 07 Oktober 2012

Adat Tradisi Kampung Utan



Nama : Bintang Eka Putra
NPM : 10209864
Kelas 4ea08
Etika Bisnis #

Adat Tradisi Kampung Utan

            Adat berarti Kebudayaan, Tradisi atau lebih kepada Kebiasaan. Di Indonesia banyak sekali adat atau tradisi kebudayaan yang patut harus kita ketahui dan lestarikan karna Indonesia kaya akan kebudayaan yang dapat menjadikan Indonesia sebagai Negara maju dan berkembang. Namun sayangnya kebudayaan Negara kita banyak sekali yang dibajak atau mengaku – ngaku bahwa kebudayaan itu merupakan asli khas Negara lain. Contohnya kain batik yang saat ini dibajak oleh Negara tetangga kita yakni Negara Malaysia. Sungguh sangat disayangkan, Indonesia adalah salah satu Negara kepulauan terluas dan penghasil Sumber Daya Alam terbesar didunia tetapi kita sebagai orang Indonesia tidak bisa mengelola apa yang dimiliki oleh Indonesia dengan baik dan benar.
            Dari sekian banyaknya adat yang ada di Indonesia, ada sebuah kampung bernama Kampung Utan yang terletak di  daerah rembun, Malang, jawa timur. Kampung ini adalah kampung yang kecil, hanya di huni oleh sekitar 164 jiwa (data Mei 2012). Letak kampung ini sangat strategis, bila kita kesana dari jalan raya rembun, kita harus masuk menggunakan ojek atau berjalan kaki. Kendaraan lain seperti mobil tidak akan bisa masuk karna jalannya yang sempit dan jalan itupun adalah satu – satunya jalan alternatife untuk menuju kampung utan.
            Meskipun kampung ini letaknya tersembunyi dan jauh dari perkotaan, akan tetapi nama dan kebudayaan kampung ini sudah  terkenal oleh masyarakat rembun. Kenapa? Ya karna yang menjadi kampung utan ini berbeda dengan kampung lainnya adalah semua orang yang tinggal di kampung utan tidak ada satupun yang merokok bahkan orang luar (bukan penduduk asli) yang datang ke kampung utan juga tidak akan diizinkan merokok atau pun membawa rokok kedalam kampung. Alhasil udara dikampung ini sangat sejuk dan para penduduk disana semuanya sehat - sehat karna tidak ada asap rokok atau yang merokok satupun.
            Tradisi dilarangnya merokok dikampung utan ini ternyata sudah dimulai sejak tahun 1999. Salah satu orang / penduduk disana yang dulu sering merokok akhirnya hingga saat ini ia telah berhasil untuk tidak merokok  dari dimulainya tradisi dilarang merokok ini hingga sekarang. Pada saat diberlakukannya tradisi dilarang merokok ini, tidak ada satupun warga yang protes atas diberlakukannya tradisi ini. Semua penduduk di kampung utan menerimanya dengan respon yang baik bahkan mereka yang bilang sendiri akan mendukung sampai tujuh turunan.
            Atas diberlakukannya Kebudayaan dilarang merokok ini, Gubernur Jawa timur dan walikota memberikan penghargaan kepada kampung utan sebagai kampung terbebas dari asap rokok .warga kampung utan pun berharap dengan adanya kebudayaan dilarang merokok ini,  semua orang dapat mencontoh kebudayaan ini, agar semua orang terbebas dari asap rokok dan dirinyapun juga terbebas dari kebiasaan merokok karna kita tahu merokok membahayakan diri sendiri dan orang lain.
            Saya sebagai mahasiswa warga Negara Indonesia pun  patut berbangga karna ternyata Indonesia memiliki kebudayaan yang luas dan bermanfaat seperti kebudayaan dilarang merokok tersebut. Dan berharap kita sebagai warga Negara Indonesia dapat melestarikan, menjaga dan mencintai kebudayaan yang ada di Indonesia.


www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar