Sabtu, 07 April 2012

Pemroduksian dan Pemasaran pakaian anak-anak.


Nama   : Bintang Eka Putra
NPM   : 10209864
Kelas   : 3ea08


Kelompok :
Bintang Eka putra       (10209864)
Menny  tiga martdini  (10209932)
Inggrid septin siahaan
George


Pemroduksian dan Pemasaran pakaian anak-anak.


PENDAHULUAN
kebutuhan produksi pakaian di era globalisasi seperti sekarang ini semakin menigkat seiring berjalannya pertumbuhan manusia dari menit ke menit, hingga detik ke detik pun semakin bertambah banyak. semua ini bisa menyebabkan produk  pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer bagi semua manusia. Tidak adanya pakaian otomatis tidak akan bisa hidup dengan layak. Pakaian juga Live style bagi semua orang.
            Dalam hal ini kelompok Pemasaran sangat dibutuhkan oleh produsen untuk menarik tingkat kepuasan konsumen, tingkat keuntungan, serta NAMA / MERK nya bisa dikenal orang-orang seluruh indonesia bahkan sampai tingakat Internasional (Dunia) pastinya. hal ini jelas memberikan dampak positif bagi perusahaan. Maka itu harus ada diferensiasi dari setiap produk pakaian anak – anak agar dapat memberikan cirri / karakter tersendiri setiap produsen baik dari segi warna, tekstur bahan, model, jenis, fungsi, dan kelompok umur yang berbeda. Jadi perlulah berbagai terobosan dalam proses memasarkan produk pakaian tersebut.
            hal ini menyebabkan industry pakaian & bahan dalam pembuatan pakaian semakin diperlukan oleh produsen. Berbagai macam merk pun bersaing memperebutkan konsumen dalam pasar industry. Contohnya Pakaian anak – anak adalah salah satunya menjadi element produksi bagi perusahaan – perusahaan garmen.
           
PEMBAHASAN
            Langkah awal untuk menghemat biaya investasi membuka toko baju bayi bisa dimulai dari rumah Anda sendiri. Karena dengan memanfaatkan rumah sendiri maka Anda akan terbebas dari biaya sewa/ kontrak tempat yang sekarang ini harganya sangat mahal. Tapi lokasi / letak rumah bias menjadi pemicu bangkrutnya suatu usaha juga.
            Menurut kami jalan keluar yang baik atau yang mungkin bias anda lakukan adalah dengan memasarkan produk-produk anda dengan memanfaatkannya melalui networking yang anda miliki sehingga anda bisa mengembangkan produk – produk anda kesemua orang. Atau bisa juga menyebarkan brosur-brosur kepada para tetangga atau orang-orang agar semua orang tahu & usaha anda pun bisa dikenal masyarakat..kalo sudah dikenal kan enak bisa punya Klien itu yang paling penting dikenal masyarakat dulu, perlahan – lahan usaha & nama anda pasti akan meluas..
            Sebenarnya ber Investasi dengan membuka usaha toko baju sangatlah cerah peluangnya.. Karna apa.? Karna Produk baju bayi dan perlengkapannya mudah disimpan dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, Jika Anda punya bayi maka produk bisa dipakai sendiri, Rumah Sakit selalu membutuhkan supplier baju bayi, Hal ini merupakan peluang yang bisa Anda manfaatkan, Anda bisa bekerja sama dengan pabrik baju bayi lalu menawarkan paket bundling,  Tingkat kelahiran bayi sangat tinggi. Setiap hari selalu saja ada bayi yang lahir. Pertumbuhan bayi juga relatif cepat, Jika di sekitar tempat Anda belum terdapat toko baju bayi, ini adalah peluang yang bisa Anda manfaatkan, Pendistribusiannya produk baju bayi dan pelengkapannya mudah, Dibutuhkan modal yang Minimalis.
            Hal-hal  yang seharusnya Anda siapkan sebelum mulai membuka usaha toko baju bayi. (1) Persiapan mental dan Doa. Setiap usaha pasti ada risikonya. Baik atau buruknya itu. (2) lalu juga harus ada Modal untuk promosi & pemasarannya Modal untuk sewa tempat, Modal untuk pembuatan toko baju bayi, Modal untuk membeli baju-baju atau produk-produk nya. Semakin strategis suatu tempat maka biaya sewanya jelas semakin mahal.
            Dalam pembuatan toko baju bayi, disarankan untuk membuat toko tersebut di mata masyarakat berbeda dari yang toko lainnya. Bisa dibilang cover toko anda tersebut harus bagus & berciri Khas. Dan buatlah toko anda nyaman bagi para pelanggan. Tak ketinggalan fasilitas & pelayanan kepada konsumen juga harus diterapkan dalam toko anda.. Lengkapi pula dengan software toko untuk membantu pembukuan. Jika tidak tersedia maka bisa menggunakan pembukuan secara manual. Selanjutnya Anda juga harus menganalisa tren pasar agar mampu merencanakan strategi marketing yang cocok di daerah usaha Anda. Dan terakhir, Anda juga harus menyisihkan biaya untuk modal operasional. Di antaranya gaji pegawai, biaya listrik, tagihan telepon, PDAM, dll.

PENUTUP
            Disini anda akan belajar bagaimana memanage (mengatur & mengelola) sebuah usaha. Kebangkrutan & keberhasilan ialah kuasa Allah s.w.t. tapi insyallah bila anda berusaha & berdoa insyallah allah akan memberikan petunjuk mencapai suatu keberhasilan. Jangan menyerah dan jangan berptuts asa.!
            Keberhasilan tidak bisa didapatkan secara langsung tapi ada proses yang harus anda lewati. Kesuksesan adalah jalan dimana pertama kalinya anda berjalan menuju kesuksesan. Sebagaimana seorang bayi yang belajar berjalan, ia harus berlatih merangkak, berdiri, berjalan satu langkah demi langkah. Bahkan tak jarang harus terjatuh pula. Keuletan dan jiwa yang pantang menyerah yang menjadi kunci sukesnya. Begitu juga dengan usaha Anda. Selamat mencoba! :)

http:// www.gunadarma.ac.id/

1 komentar: