Nama :
Bintang Eka Putra
NPM :
10209864
Kelas : 4ea08
Tugas :
Perilaku Konsumen
(CSR)
Coporate Social Responsibility
Pengertian
Corporate Social Responsibilty atau biasa disebut CSR yang berarti tanggung
jawab sosial perusahaan. Adalah suatu konsep dimana suatu perusahaan
yang memiliki etika tanggung jawabterhadap konsumen, karyawan, pemegang saham
dan lingkungan dari semua factor yang berhubungan dengan operasional
perusahaan. CSR sebenarnya tidak untuk mencari keuntungan keuangan atau
deviden, melainkan untuk mendapatkan keuntungan sosial serta lingkungan dalam
masa kini dan kedepannya nanti. Manfaatnya adalah agar perusahaan dapat menjadi
perusahaan yang beretika dalam social serta lingkungannya dan bisa dinilai
positif dimata masyarakat.
Inilah yang menjadi hal utama yang penting bagi perusahaan
karna masyarakat juga sangat memperhatikan etika perusahaan dalam tanggung
jawabnya terhadap lingkungan dan sosial. Kebijakan pemerintah juga telah
ditegaskan di beberapa negara didunia menegenai lingkungan hdup dan masalah
sosial. CSR merupakan suatu sikap yang harus ditegaskan dan dimiliki oleh semua perusahaan yang beretika
agar dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan perekonomian,
pengembangan terhadap masyarakat luas ataupun suatu komoditas organisasi
kelompok Dan terpenuhinya taraf hidup para pekerja perusahaan serta
keluarganya.
Tidak semua organisasi di beberapa Negara
tidak memiliki standar CSR, Untuk membuktikan bahwa perusahaan adalah
perusahaan beretika baik didunia bisnis maka perusahaan dapat membuat pelaporan
atas dilaksanakannya beberapa standar CSR termasuk dalam hal: akuntanbility
harus berdasarkan standar Johm Elkinton, Varite / acuan pemantauan, standar
manajemen keuangan sesuai ISO 4000, laporan harus berdasarkan standar SA8000
yakni akuntanbilitas sosial internasional dan Global Reportating Intitavie yang
mungkin dapat menjadi acuan pelaporan berkelanjutan.
Dan yang kami tahu ada beberapa perusahaan diindonesia yang menggunakan CSR
salah satunya PT. PLN, PT. H.Sampoerna, PT. Djarum, dan lain – dan lain. PT. H
sampoerna dan PT. Djarum adalah perusahaan rokok terbesar di Negara Indonesia.
Kita tahu bahwa rokok memang tidak baik dalam lingkungan namun kedua perusahaan
rokok tersebut memiliki standar CSR karna kedua perusahaan tersebut memiliki
beragam kegiatan social seperti yang dilakukan PT. Djarum antara lain Djarum
Bakti Pendidikan, Djarum Bakti Lingkungan, dan Djarum Bakti
Olahraga. Terus ada juga Bentuk dari Djarum Bakti Pendidikan dan Djarum
Bakti Olahraga adalah pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi namun tidak
mampu secara ekonomi atau siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun
olahraga (khususnya olahraga bulu tangkis).
Jadi
CSR dapat memmbuat perusahaan rokok menjadi sebuah stategi dalam pemasaran.
Kegiatan – kegiatan social yang dilakukan oleh perusahaan rokok ini dapat
menjadikan di mata manusia bahwa perusahaan rokok tidaklah negative malah
secara tidak langsung dapat membuat perusahaan rokok menjadi semakin ternama
dengan brandnya dan meraih keuntungan yang melebihi rata – rata. demikian akan
ditemukan titik temu antara makna tindakan CSR yang memberikan dampak positif
bagi kehidupan sosial dan sekaligus mendatangkan manfaat ekonomi baik bagi
masyarakat maupun perusahaan. Sepanjang keseimbangan ini dijaga dengan saksama,
CSR bisa dipastikan diselenggarakan dengan penuh tanggung jawab.
www.gunadarma.ac.id
www.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar