Senin, 12 November 2012

(CSR) Coporate Social Responsibility


Nama   : Bintang Eka Putra
NPM   : 10209864
Kelas   : 4ea08
Tugas   : Perilaku Konsumen

(CSR) Coporate Social Responsibility

          
           Pengertian Corporate Social Responsibilty atau biasa disebut CSR yang berarti tanggung jawab sosial perusahaan. Adalah suatu konsep dimana suatu perusahaan yang memiliki etika tanggung jawabterhadap konsumen, karyawan, pemegang saham dan lingkungan dari semua factor yang berhubungan dengan operasional perusahaan. CSR sebenarnya tidak untuk mencari keuntungan keuangan atau deviden, melainkan untuk mendapatkan keuntungan sosial serta lingkungan dalam masa kini dan kedepannya nanti. Manfaatnya adalah agar perusahaan dapat menjadi perusahaan yang beretika dalam social serta lingkungannya dan bisa dinilai positif dimata masyarakat. 

Inilah yang menjadi hal utama yang penting bagi perusahaan karna masyarakat juga sangat memperhatikan etika perusahaan dalam tanggung jawabnya terhadap lingkungan dan sosial. Kebijakan pemerintah juga telah ditegaskan di beberapa negara didunia menegenai lingkungan hdup dan masalah sosial. CSR merupakan suatu sikap yang harus ditegaskan  dan dimiliki oleh semua perusahaan yang beretika agar dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan perekonomian, pengembangan terhadap masyarakat luas ataupun suatu komoditas organisasi kelompok Dan terpenuhinya taraf hidup para pekerja perusahaan serta keluarganya.

         Tidak semua organisasi di beberapa Negara tidak memiliki standar CSR, Untuk membuktikan bahwa perusahaan adalah perusahaan beretika baik didunia bisnis maka perusahaan dapat membuat pelaporan atas dilaksanakannya beberapa standar CSR termasuk dalam hal: akuntanbility harus berdasarkan standar Johm Elkinton, Varite / acuan pemantauan, standar manajemen keuangan sesuai ISO 4000, laporan harus berdasarkan standar SA8000 yakni akuntanbilitas sosial internasional dan Global Reportating Intitavie yang mungkin dapat menjadi acuan pelaporan berkelanjutan.

          Dan yang kami tahu ada beberapa perusahaan diindonesia yang menggunakan CSR salah satunya PT. PLN, PT. H.Sampoerna, PT. Djarum, dan lain – dan lain. PT. H sampoerna dan PT. Djarum adalah perusahaan rokok terbesar di Negara Indonesia. Kita tahu bahwa rokok memang tidak baik dalam lingkungan namun kedua perusahaan rokok tersebut memiliki standar CSR karna kedua perusahaan tersebut memiliki beragam kegiatan social seperti yang dilakukan PT. Djarum antara lain Djarum Bakti Pendidikan, Djarum Bakti Lingkungan, dan Djarum Bakti Olahraga. Terus ada juga Bentuk dari Djarum Bakti Pendidikan dan Djarum Bakti Olahraga adalah pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi atau siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun olahraga (khususnya olahraga bulu tangkis). 

            Jadi CSR dapat memmbuat perusahaan rokok menjadi sebuah stategi dalam pemasaran. Kegiatan – kegiatan social yang dilakukan oleh perusahaan rokok ini dapat menjadikan di mata manusia bahwa perusahaan rokok tidaklah negative malah secara tidak langsung dapat membuat perusahaan rokok menjadi semakin ternama dengan brandnya dan meraih keuntungan yang melebihi rata – rata. demikian akan ditemukan titik temu antara makna tindakan CSR yang memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial dan sekaligus mendatangkan manfaat ekonomi baik bagi masyarakat maupun perusahaan. Sepanjang keseimbangan ini dijaga dengan saksama, CSR bisa dipastikan diselenggarakan dengan penuh tanggung jawab.


www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar