Selasa, 13 November 2012

Manusia dan Pandangan Hidup


Nama               : Bintang Eka Putra
NPM               : 10209864
Kelas               : 1ea09
Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar

Manusia dan Pandangan Hidup

Setiap manusia pasti berbeda – beda pola pikirnya, ada yang begini dan ada yang begitu tidak semuanya sama.  Begitupun pandangan hidup seseorang pasti memiliki pandangan yang berbeda – beda. ada yang melihat bahwa hidup itu susah, ada yang melihat hidup itu gampang dan ada juga yang apa adanya, artinya jalani saja apa yang ada dalam hidup ini. Bahkan ada yang terus berusaha sampai rencana hidupnya terpenuhi. Maka dari itu, pandangan hidup itu bukan muncul dari proses yang secara tiba – tiba tapi melalui proses yang lama serta panjang dan terus – menerus. Dari semua pemikiran itu, manusia memperoleh pedoman, arah dan petunjuk yang bias kita sebut sebagai pandangan hidup.

Pandangan hidup itu ada 3 macam :

11. Ada pandangan hidup yang berasal dari agama, artinya pandangan hidup ini mutlak kebenarannya.
22.  Ada pandangan hidup Ideology, artinya pandangan hidup yang berdasarkan kebudayaan dan norma Negara
33.  Pandangan hidup hasil renungan, artinya manusia di selah waktunya ada yang merenungkan rencana hidupnya kedepan dan itu relatife benar hasilnya.

Cita – cita atau impian hidup juga merupakan pandangan hidup dari setiap manusia yang berusaha berlomba – lomba meraih apa yang di cita – citakannya di masa depannya kelak. Cita – cita adalah keinginan, harapan dan apa yang ingin dicapai dengan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Tanpa adanya cita – cita kita tidak akan memiliki arah dan pandangan hidup yang jelas dibumi ini. cita – cita harus didasari dengan niat, doa, usaha dan sabar. Tanpa keempat hal itu kita tidak akan bisa meraih cita – cita kita. walau sudah berusaha keras namun cita – cita tersebut tidak bisa kita raih itu disebut angan – angan. Karna mungkin tuhan punya rencana lain yang lebih baik lagi.

            Itulah manusia dan pandangan hidupnya, semua berbeda. Tuhan mengelola dunia ini semua atas kehendak-NYA. bila kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan, Apapun itu yang kita dapatkan kita harus mensyukuri segala yang diberikan oleh Tuhan karna apa yang kita inginkan belum tentu menjadi yang terbaik.


www.gunadarma .ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar