Sabtu, 23 Februari 2013

TANGGUNG JAWAB



NAMA                        : BINTANG EKA PUTRA
NPM                           : 10209864
KELAS                       : 1ea09
MATA KULIAH       : Ilmu Budaya Dasar
DOSEN                      : Putri Edianti

TANGGUNG JAWAB
Setiap manusia pasti memiliki kesalahan, bisa kesalahan merusak sesuatu yang harusnya kita jaga, bisa juga lagi mengemudi karna mengantuk jadi menabrak orang yang ada didepan dan lain sebagainya. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Kesempurnaan hanyalah milik tuhan. Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab.
Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda. Sebagai manusia yang di cintai oleh allah.s.w.t kita harus memiliki sikap atau etika dalam bertanggung jawab atas kesalahan atau apa yang telah kita lakukan. Salah satu contohnya adalah teman saya bernama tari. Dia habis meminjam laptop temannya otomatis tari memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga keamanan laptop temannya. Namun semua menjadi laen, laptop yang dipinjam oleh tari tidak sengaja kabelnya ketarik hingga laptopnya jatuh dari atas meja. LCD nya retak dan laptopnya pun tidak bisa dihidupkan kembali.  Tari binggung bagaimana dia harus bertanggung jawab kepada temannya terhadap apa yang telah ia lakukan. Itulah salah satu kasus tentang arti dari tanggung jawab.
Berarti menurut saya pribadi tanggung jawab adalah sifat yang bagaimana kita mampu, kita bisa mengembalikan dan memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Di akhirat kita akan diminta pertanggung jawaban namun jangan banyak berharap, di akhirat kita sudah tidak bisa lagi memperbaiki kesalahan kita didunia. Maka dari itu kita manusia selagi masih didunia harus banyak – banyak melakukan sifat yang dicintai oleh allah s.w.t. karna kesalahan dan dosa yang kita perbuat akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak nanti.

                                                                                                               www.gunadarma.ac.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar